HARI BATIK NASIONAL

gunanto 02 Oktober 2020 13:45:55 WIB

Jurangjero (sida samekta) jum'at 2 Oktober 2020.

Pemerintah kalurahan jurangjero mengucapkan selamat hari batik nasional yang telah di peringati setiap tanggal 2 Oktober di setiap tahunnya. Penetapan tersebut setelah batik di tetapkan sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya Lisan dan Non bendawi oleh UNESCO pada 2009. Batik merupakan satu di antara warisan budaya yang masih lestari.

perkembangan batik awalnya banyak dilakukan pada zaman Kasultanan mataram hingga berlanjut pada zaman Kasunanan surakarta dan Kasultanan yogyakarta. Batik merupakan kain yang dilukis dari cairan lilin dengan menggunakan alat bernama canting dan menghasilkan pola pada kain . hal tersebut membuat batik kerap dianggap sebagai kerajinan yang mempunyai nilai seni tinggi.

Untuk tetap melestarikan batik sebagai warisan budaya, semua lapisan masyarakat diimbau untuk memakai batik pada setiap tanggal 2 Oktober setiap tahunnya, tak terkecuali pegawai pemerintah Kalurahan Jurangjero juga ikut serta memperingati dan ikut melestariakan Hari Batik Nasional ini dengan memakai pakaian batik pada tanggal 2 Oktober 2020.

Sekali lagi Selamat Hari Batik Nasional semoga warisan budaya ini akan terus lestari dan berkemajuan seiring berkembangya zaman di era globalisasi seperti saat ini.

Komentar atas HARI BATIK NASIONAL

Ayah Dwi 02 Oktober 2020 16:09:06 WIB
Selamat Hari Batik Nasional, semoga batik selalu menjadi kebanggaan kita bersama

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung